DELI SERDANG, KLIKMETRO.COM – Memperingati 10 Muharram yang dikenal dengan Bulan Suro (Suroan) oleh masyarakat Jawa, Pemerintah Desa Laut Dendang, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang mengadakan kegiatan sosial dengan memberi santunan kepada 100 anak yatim, Jumat (28/7/2023).

Menurut tradisi suku Jawa, Bulan Suro dikenal dengan istilah bersih-bersih atau tolak bala. Kegiatan Bulan Suro ini sudah rutin dilakukan di berbagai desa yang mayoritas penduduknya suku jawa, khususnya di Kecamatan Percut Sei Tuan.

Pemdes Laut Dendang memulai kegiatan 10 Muharram dengan pembacaan ayat suci Alquran. Lalu sambutan dari ketua panitia Bung Kadar yang menyampaikan terimakasih kepada semua pihak sehingga kegiatan berjalan lancar.

Kemudian dilanjutkan arahan dari Kepala Desa Laut Dendang Supriadi yang mengutarakan permohonan maafnya apabila ada kekurangan serta kelalaian dalam menjalankan tugasnya sebagai kepala desa.

“Silahkan tegur dan kritik saya bila ada hal yang tak berkenan agar saya bisa memperbaiki lebih baik lagi ke depannya,” kata Supriadi.

Dia menambahkan, kegiatan 10 Muharram merupakan agenda rutin yang digelar setiap tahunnya dengan tujuan untuk menolak bala dan bersedekah kepada anak yatim dan kaum duafa.

“Kita berharap desa kita dijauhkan dari hal-hal yang tak baik,”ujarnya lagi.

Selanjutnya, Ketua BPD Desa Laut Dendang Dr. HM Yusuf Harahap MSi menyampaikan sambutan dan mengapresiasi kegiatan peringatan 10 Muharram ini. Lalu tausiah disampaikan Ustadz Jayusman Islami SE.

Kegiatan diakhiri dengan pemberian santunan kepada 100 anak yatim.

Hadir pada kegiatan itu puluhan mahasiswa serta kader PKK, perangkat desa, kadus, Sekdes Nono Ismanto, LPM, serta tokoh tokoh masyarakat sekitar. (lbs)

No comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *